Mahasiswa Ikuti Dauroh Tafsir di PSQ Jakarta

Mahasiswa Prodi IAT IAIN Purwokerto dan IAT IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dalam pembukaan Daurah Tafsir di Masjid Bayt Al-Qur’an, Jakarta

Lembaga Pusat Studi Quran (PSQ) Jakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Daurah Tafsir pada 11-25 Februari 2019 di Pondok Pesantren Bayt Al-Quran  Pondok Cabe dibawah naungan Prof. Dr. M. Quraish Shihab. Kegiatan yang bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) dari dua kampus ini, yaitu IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan IAIN Purwokerto Jawa Tengah ini dikemas dalam bentuk Praktek Pengembangan Lapangan (PPL).

Penanggung Jawab Kegiatan PSQ Dr. Ahmad Zayadi M.Pd. menyatakan bahwa selama pelatihan, peserta akan dibimbing oleh Dewan Pakar dan Ahli Tafsir Nasional dan Internasional. Selain itu, mereka akan dibimbing oleh teman-teman dari Pendidikan Kader Mufassir (PKM) yang juga merupakan salah satu program yang dikelola oleh PSQ.

“Mahasiswa yang menjadi peserta Daurah Tafsir ini juga akan dibekali pendidikan pesantren karena selama 15 hari kedepan, teman-teman sudah menjadi bagian dari santri Bayt al-Quran (BQ), ” ungkap Zayadi dalam sambutan pembukaan Daurah Tafsir pada Senin, 11 Februari 2019.

Konsep kegiatan dibuat sedemikian rupa agar peserta tidak hanya melakukan kajian literatur tafsir saja, tetapi juga menuangkannya dalam bentuk tulisan dan video dakwah. “Teman-teman juga nanti kita bimbing untuk membuat satu karya tafsir mini dari kajian teman-teman selama kegiatan di PSQ ini, serta membuat satu video yang membahas isu yang menggunakan pendekatan tafsir,” kata Khalilullah selaku penanggungjawab lapangan kegiatan Daurah Tafsir.

Selain program inti berupa pendalaman tafsir, peserta akan disuguhi program tambahan berupa city tour di Jakarta dan sekitarnya. Di pekan kedua, mereka diarahkan untuk berkunjung ke Lajnah Pentashihan Al-Quran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sekaligus belajar perkembangan manuskrip dan Tafsir Nusantara. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti live shooting program talkshow Mata Najwa di studio Trans7 yang dipandu oleh putri dari Quraish Shihab, Najwa Shihab. 

Berbagai rangkaian kegiatan Daurah Tafsir ini diharapkan mampu mencetak mufassir-mufassir muda yang mampu menghidupkan pesan-pesan Al-Quran di tengah perkembangan zaman serta menebarkannya ke seluruh semesta.[SH]

Sumber:

http://fkmthi.com/cetak-kader-mufassir-melalui-pelatihan-daurah-tafsir

Leave a Reply