Jurusan Sejarah dan Sastra

Prodi Sejarah Peradaban Islam

Visi

Pada Tahun 2040 menjadi Program Studi yang Unggul, Islami dan Berkeadaban dalam Pengembangan Studi Sejarah Peradaban Islam pada Tingkat Nasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara saintifik Sejarah dan Kebudayaan Islam berbasis pengetahuan, nilai, dan ketrampilan.
  2. Mengembangkan kajian dan penelitian bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam yang berbasis kearifan lokal dan mengkontekstualisasikannya dalam kehidupan kekinian.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui pendekatan sejarah dan budaya Islam lokal.
  4. Menjalin kerja sama antar lembaga untuk merealisasikan nilai dan budaya Islam.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana muslim yang memiliki pengetahuan teoritis dan praktis dalam mengkontekstualisasikan Sejarah dan Kebudayaan Islam untuk kehidupan kekinian.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang kompeten dalam bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam dan memiliki integritas dan komitmen tinggi dalam pengembangan masyarakat Islami dan berkeadaban.
  3. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu menyajikan historisitas situs-situs Islam berupa audio visual (film) dan memberikan pelayanan bidang wisata religi.
  4. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang mendukung pengembangan Sejarah dan Kebudayaan Islam, khususnya di kawasan Asia Tenggara

Gelar dan Profesi

Lulusan Program Studi Sejarah dan Kebuadayaan Islam berhak menyandang gelar Sarjana Humaniora (S.Hum).

Profesi Utama

  1. Ilmuwan dan budayawan bidang sejarah Islam Asia Tenggara
  2. Peneliti Bidang Kelekturan Litbang Kementrian Agama

Profesi alternatif

  1. Guru profesional bidang SKI di MA/MTs/MI
  2. Praktisi media massa bidang film & menulis historisitassitus-situs Islam Asia Tenggara
  3. Guide wisata religi, khususnya Islam Asia Tenggara

Kurikulum Program Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) dikelompokan menjadi 5 komponen yaitu:

  1. Komponen/Kelompok Matakuliah IAIN yang disajikan untuk semua fakultas, jurusan, dan program studi di IAIN Purwokerto (kode INS.)
  2. Komponen/Kelompok Matakuliah Fakultas yang disajikan pada Fakultas tertentu di IAIN Purwokerto (dengan kode ADB).
  3. Komponen/Kelompok Matakuliah jurusan yang disajikan untuk jurusan Adab dan Santra di IAIN Purwokerto (dengan kode SDS).
  4. Komponen/Kelompok Matakuliah program studi yang disajikan untuk program studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) di IAIN Purwokerto (dengan kode SKI)
  5. Komponen/Kelompok Matakuliah pilihan jurusan yang harus diambil oleh mahasiswa pada jurusan tertentu minimal 6 sks & maksimal 10 sks serta tidak diperbolehkan memprogram matakuliah pilihan lintas jurusan (dengan kode SDS).