Jurusan Qur’an dan Hadits

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Visi :

Pada Tahun 2040 menjadi Program Studi yang Unggul, Islami dan Berkeadaban dalam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir pada Tingkat Nasional

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajarandalambidangIlmu Al-Qur’an danTafsir yang berbasispada transfer pengetahuan, nilai, danketerampilan prkatis kehidupan.
  2. Mengembangkan kajian dan penelitian dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan pendekatan multidisipliner dalam rangka melahirkan ahli dan praktisi yang kritis dan analitis.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memecahkan masalah sosial keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan Al-Qur’an.
  4. Membangunjaringandenganlembaga-lembaga yang mendukungpengembanganIlmu Al-Qur’an dan Tafsir di tingkatlokal, nasional, dan

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana muslim yang memiliki kualifikasi akademik dan profesional dalam bidang Ilmu Al-Qur’an danTafsir.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang memiliki kompetensi dalam bidang pengkajian dan penelitian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara kritis dan analitis.
  3. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan-teknologi dengan pendekatan al-Qur’an.
  4. Menciptakan sarjana muslim yang mampu bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang mendukung pengembangan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Gelar dan Profesi Lulusan

Lulusan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) berhak menyandang gelar Sarjana Agama (S.Ag.)

Profesi Utama

  1. Ahli Ilmu Al-Qur’an danTafsir
  2. Peneliti bidang Ilmu Al-Qur’an danTafsir

Profesi alternatif

  1. Praktisibidangsosialkeagamaan
  2. Praktisibidangtashhih Al-Qur’an
  3. Guru profesional di bidang Qur’an danHadis di MA/MTs/MI
  4. Guru profesional bidang Tahfidh dan integrasi sains dan agama di sekolah-sekolah Islam terpadu

Kurikulum Program Studi Ilmu Studi Al-Qur’an (IAT) dikelompokan menjadi 5 komponen yaitu:

  1. Komponen/Kelompok Matakuliah IAIN yang disajikan untuk semua fakultas, jurusan, dan program studi di IAIN Purwokerto (kode INS)
  2. Komponen/Kelompok Matakuliah Fakultas yang disajikan pada Fakultas tertentu di IAIN Purwokerto (kode USH).
  3. Komponen/Kelompok Matakuliah Jurusan yang disajikan pada Jurusan tertentu di IAIN Purwokerto Purwokerto (dengan kode UAH).
  4. Komponen/Kelompok Matakuliah Program Studi yang disajikan pada Program Studi tertentu di IAIN Purwokerto (dengan kode IAT)
  5. Komponen/Kelompok Matakuliah pilihan jurusan yang harus diambil oleh mahasiswa pada fakultas tertentu minimal sebanyak 10 sks serta tidak diperbolehkan memprogram matakuliah pilihan lintas fakultas. (dengan kode IQH).