HMJ SE-FUAH GELAR KAJIAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19

FUAH [27/4] Pandemi COVID-19 membuat semua semua aktivitas nyaris terhenti. Begitu pula di Perguruan Tinggi. Perkuliahan yang sedianya tatap muka dialihkan melalui daring. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan semuanya dialihkan melalui kajian online.

Untuk menjaga aura keilmuan diperguruan tinggi tetap terjaga, HMJ-HMJ di lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora menggelar kajian-kajian keilmuan via daring.  Adapun kajian-kajian tersebut adalah sebagai berikut:

  • KASAR ONLINE (Kandah Sejarah Online)

Kajian ini diinisiasi oleh HMJ Sejarah Peradaban Islam. Tema yang diangkat “Sejarah Umat Islam Menghadapi Pandemi Wabah”.   

Pemateri kajian adalah A.M Ismatullah S. Thi, M.S.I yang merupakan Kaprodi SPI, dengan moderator Vera Febri Isnaeni (Mahasiswa SPI).

Kajian ini diselenggaran via WA Grup dengan peserta sekitar 250 orang terdiri dari mahasiswa berbagai kampus di Indonesia selain dari IAIN Purwokerto, diantaranya: IAIN Salatiga, IAIN Tulungagung, IAIN Surakarta, IAIN Jember,  UIN Banten, UNS Surakarta, Univ. Padjajaran, UINSU Medan, UIN STS Jambi, IAIN Parepare, IAI Dalwa Pasuruan, UPI Bandung, Univ. Brawijaya, STAI Brebes, UM Metro, IAINU Kebumen, UNU Purwokerto, Univ. MH Thamrin, UM Purwokerto,  UIN Raden Intan Lampung, dll.

Kegiatan telah dilaksanakan pada  Sabtu, 18 April 2020, pukul :19.30-21.00 WIB.

  • KAJIAN TAFSIR TEMATIK

Kajian ini diinisiasi oleh HMJ  Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan mengambil dua sesi. Sesi pertama mengambil tema “Kebijakan Pemerintah Mengenai Ibadah Saat Terjadi Wabah (Q. S.Al-Baqarah ayat 243)”.  Sesi ini diselenggarakan pada Senin, 13 April 2020, pukul 10.00-Selesai dengan pemateri Ust. Dr. Munawir, M.S.I. Adapun sesi kedua dilaksanakan pada Senin, 20 April 2020, Pukul 10.00-Selesai dengan pemateri Ust. Tarto Sobinji, Lc., M.Hum. Beliau dikenal dengan sebutan UTS (Ustadz Tarto Sobinji) dikalangan kolega Dosen FUAH IAIN Purwokerto. Sesi ini mengambil tema Surat Yasin ayat 18-19, “Mengaitkan Musibah Dengan Kesialan Bukan Ajaran Islam”.

Kedua sesi tersebut diselenggarakan secara online dan diperuntukkan bagi umum, terutama Mahasiswa IAT Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora.

  • KAJIAN ONLINE HMJ SAA

Sesuai dengan namanya, HMJ Studi Agama-Agama FUAH menjadi inisiator kegiatan ini. Kajian ini terdiri dari tiga sesi.

Sesi pertama mengambil tema ” Agama Bicara Tentang COVID 19″,  dengan pemateri utama  Dr. Elya Munfarida, M.Ag, selaku Kaprodi SAA. Dimoderatori oleh  Halimatu Sa’ diyah, acara yang dilaksanakan pada Jum’at- Sabtu 10-11April 2020, jam 10.00 sd selesai ini sukses diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari berbagai kalangan.

Adapun sesi kedua, dilaksanakan pada Sabtu 25 April 2020, jam 10.00 sd selesai dan jam 14.00-selesai (dibagi dalam dua part). Sesi menghadirkan  Dr.Farichatul Maftuchah, M.Ag. sebagai pemateri utama. Tema yang diangkat adalah ” Dilema Perempuan dalan Lintas Agama dan Budaya”. Dengan moderator Cica Mulansari sesi ini diikuti oleh 300 peserta dari berbagai kalangan.

Selain free HTM, acara yang diselenggaran via WA grup ini juga memberikan e-sertfikat bagi para pesertanya.

Sedangkan sesi ketiga, HMJ SAA menayangkan  Video Peduli COVID 19 dengan tema “stay at home”. Video ini diputar pada 22 April 2020.

Demikianlah rentetan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ-HMJ yang berada dilingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Selain untuk menumbuhkan kembali semangat belajar di masa pandemi, juga memberikan wacana baru bagi keilmuan. []

Reporter: FUAH Media Center

Editor: Tim FUAH Media Center

Leave a Reply